Open Tournament Catur Digelar 12-13 Agustus 2023, Buruan Daftar

CIMAHI – Persatuan catur seluruh Indonesia (Percasi) Kota Cimahi dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi, berkolaborasi mengelar Open Tournament Catur,se Kota Cimahi yang akan di mulai tanggal 12-13 Agustus 2023, di Gedung Teknofak Kelurahan Baros Kota Cimahi.

“Bagi masyarakat pencinta olahraga catur, buruan untuk segera daftar. Tempat pendaftaran di Kantor KONI Kota Cimahi, Komplek Ruko Sentramas Risedensi Jl.Encep Kartawinan No. 3 Kota Cimahi, Bisa menemui panitia,” ujar Ketua Pelaksana Budi Raharjo, SE, saat rapat di KONI Kota Cimahi, Sabtu (24/6/2023).

Dikatakannya, Open tournament catur ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 di gelar dua katagori. Yaitu katagori kelas junior putra/putri dan kelas senior puitra/putri. Untuk kelas junior, akan memperebutkan hadiah 1 sampai dengan 10. Untuk senior putra akan memperebutkan juara 1 sampai 40, dan untuk senior putri memperebutkan juara 1 sampai 3.

“Adapun biaya pendaftaran untuk kelas senior Rp. 25.000,- dan kelas junior Rp. 15.000,-. Peserta kelas Junior peralatan pertandingan (Papan catur), termasuk jam waktu catur akan di sediakan panitia. Sedangkan kelas senior, harus membawa sendiri termasuk membawa jam waktu catur,” tuturnya.

Baca juga :  Open Tournament Catur Walikota Cup, Kota Cimahi Sukses di Gelar

Lebih lanjut Budi Raharjo, SE, menyatakan, bagi para pemenang atau juara dalam Open tournament catur ini, akan diberikan piala dan piagan. Namun, piala yang diberikan hanya juara 1 sampai dengan 3 baik kelas Junior putra/putri maupun Senior putra/putri.

“Pertandingan akan dilaksanakan, dengan sisten swis 9 babak, dengan waktu berpikir 15 menit + 1 detik. Begitu juga, dalam Open tuornament catur ini, peserta hanya di batasi 300 orang untuk kelas junior putra/putri dan senior putra/putri. Untuk, pendaftaran akan di tutup tiga hari sebelum pelaksanaan,” tambah Budi Raharjo,SE.

Open tournament ini juga, yang digelar ini adalah dalam rangka mencari bibit atlet catur professional agar bisa ikut bertanding di event – event Kejuaraan daerah (Kejurda) maupun Kejuaran nasional (Kejurnas) dan tingkat internasional.

Bagi yang berhasil keluar sebagai juara dalam Open tournament ini, akan di sekolahkan catur. Biar atlet tersebut, tidak hanya tahu otodidak tetapi atlet ini juga bisa menyerap ilmu tentang percaturan. Selain itu juga, akan terus dilakukan pembinaan agar menjadi atlet yang berprestasi. (Red)

Baca juga :  Atlet Catur Kontingen Cimahi, Gagal Raih Medali Katagori Catur Kilat