Ketum KONI Jabar : Kejurnas Menembak Jabar Open 2023, Persiapan Olympiade

CIMAHI – Kejuaran Nasional (Kejurnas) Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Jawa Barat (Jabar), Jabar Open, merupakan kelender Perbakin Jabar untuk mencari atlet Perbakin yang berprestasi untuk persiapan Olympiade Perbakin di Varis mendatang mupun di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI di Aceh – Sumut 2024.

Ketua umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar Dr. M. Budiana mengatakan hal itu, ketika mebuka Kejurnas menembak Jabar Open 2023 yang di gelar Perbakin Jabar, di lapangan Tembak Valedrome Cisangkan Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, Selasa (14/6/2023).

Menurut Dr. M Budiana, Kejurnas menembak Jabar Open 2023 ini, merupakan sejarah bagi KONI Jabar karena lamanya hampir sebulan dalam pelaksanaanya. Selain itu juga, sebagai wahana Babak Kualifikasi (BK) persiapan PON XXI Aceh- Sumut 2024. Termasuk juga, untuk persiapan Olympiade yang akan di selenggarakan di Kota Varis mendatang.

“‘Tentu saja di selenggarakannya Kejurnas menembak Jabar Open 2023 oleh Perbakin Jabar, atas restu PB Perbakin Pusat. Ini mungkin, bagian dari tindak lanjut atas kebehasilan atlet perbakin yang menorehkan prestasinya dengan mendapatkan 11 emas, 2 perak dan 6 perunggu di PON XX Papua. Itu semua, sebuah prestasi yang luar biasa bagi kepengurusan Pengprov Perbakin Jabar,” ujarnya.

Baca juga :  Pemkot, Kadisjas dan KONI Cimahi Apresiasi, Ajang Pencarian Atlet Pencaksilat Berprestasi

Dikatakan Dr.M Budian, diharapkan Perbakin Jabar juga bisa berprestasi pada Asian Games yang akan di laksanakan pada bulan September tahun ini di Kawasan Asia. Pihaknya, juga dalam persiapan Asian Games pada Pelatihan Nasional (Pelatnas) sudah melihat. Maka itu, pada kegiatan Asian Games untuk atlet Perbakin Jabar juga akan memberangkatkan 8 orang atlet menembak.

“Tentunya kami di jajaran KONI Jabar berharap, kepada para atlet, pelatih dan offisial yang mengikuti Kejurnas menembak Jabar Open 2023 yang di ikuti sekitar 300 orang ini untuk bisa memamfaatkan sebaik mungkin, agar nanti dalam ajang olahraga bergensi Asian Games bisa mengibarkan bendera merah putih di Kawasan Asia,” kata Budiana.

Ketua umum (Ketum) Pengprov Perbakin Jabar Irjen Pol. Dr. Rudi Herianto AN.,SH,.MH.,MBA yang di wakili pengurus Harian Perbakin Jabar, H. Marwan Muharam AR menyatakan, kegiatan Kejurnas menembak Jabar Open 2023 ini, merupakan agenda Perbakin Jabar dalam beberapa tahun kebelakang yang tidak bisa dilaksanakan karena adanya Pandemi Covid-19.

“Tentunya kegiatan membak Jabar Open ini, menjadi acuan dan sarana untuk menjaring bibit -bibit atlet menembak yang handal, berkarakter dan penuh dengan prestasi yang tidak hanya di tingkat Nasional tapi juga menjadi atlet yang berprestasi di kejuaraan menembak Internasional,” ujarnya.

Baca juga :  Disjas TNI AD Gelar Kejuaraan Taekwondo Championship 2022 Tingkat Jabar

Demikian juga, lanjut Marwan, kegiatan Kejurnas menembak Jabar Open tahun 2023, merupakan momen untuk menunjukan prestasi nasional yang tidak hanya menghahadapi PON XXI di Aceh dan Sumut, tapi juga untuk mencapai prestasi tertinggi di ajang Olypiade yang akan datang.

“Untuk itu, di Kejurnas menembak Jabar Open 2023 harus penuh dengan prestasi dengan tidak mengesampingkan sportivitas dalam orahraga menembak ini,” tegas Marwan.

Ketua KONI Kota Cimahi Aris Permono, ketika diminta tanggapannya mengungkapkan, dengan adanya Kejurnas menembak Jabar Open 2023 , merupakan suatu keuntungan untuk atlet Cimahi bisa mengikuti Kejurnas. Selain itu Kejurnas ini menjadi alat instrumen sejauh mana bisa di ukur baik atlet Kota Cimahi itu sendiri maupun atlet daerah lainnya.

“Dalan Kejurnas menembak ini, saya bisa mengukur atlet -atlet yang bertanding. Sejauhmana tingkat keberhasilanya, sehingga dengan itu bisa dievaluasi dan bisa di bina untuk kejuaraan selanjutnya apakah di Pekan olahraga provinsi (Porprov) atau PON ke XXI di Aceh- Sumut, bahkan di event Internasional seperti Sea Games, “tutur Aris Permono.

Baca juga :  Disjas TNI AD Gelar Kejuaraan Taekwondo Championship 2022 Tingkat Jabar

Dalam Kegiatan Kejurnas menembak Jabar Open 2023, selain Ketua umum KONI Jabar Dr.M Budiana, Ketua Umum KONI Kota Cimahi Aris Permono, hadir juga Ketua umum PB Perbakin pusat yang di wakili Bidang Organisasi Dr. Herman Chaniago, Kadisjasad TNI-AD Brigjen Aminudin S.I.P., jajaran KONI Jabar, jajaran Pengurus Perbakin Jabar dan Sejumlah Atlet Offisial ikut hadir menyaksikan pembukaan Kejurnas menembak Jabar Open 2023 tersebut. (Red)