Kontingen Garuda AD Boyong juara Umum Pencak Silat Piala Kasad kali Pertama

CIMAHI – Kontingen Tim Garuda Angkatan Darat (AD) berhasil memboyong piala bergilir Piala Kasad ke – 1 pada kejuaraan terbuka Pencak Silat Piala Kasad kali pertama 2023 dengan 16 medali (15 emas, dan 1 perak ), disusul juara kedua diraih kontingen Kodam XII/TPR dengan 7 medali (1 emas, 2 perak dan 4 perunggu) dan juara ketiga diraih kontingen Kodam Jaya Jayakarta dengan 2 medali (1 emas , 1 perak).

Juara umum itu, diperoleh dari tingkat TNI-POLRI pada penutupan kejuaraan terbuka Pencak Silat kali pertama 2023 oleh Kadisjasad, Brigjen TNI-AD, Aminudin S.I.P, di GOR Indoor M.Toha Disjas TNI-AD Jln. H.M.S Mintaredja SH, No 80 Cimahi Jabar, Minggu (28/5/2023)

Perolehan medali hampir disemua kelas TNI- POLRI diborong kontingen Garuda AD, kecuali kelas E, dari Batalyon Arhanud 10 , oleh Yoga Syantya putra , di kelas E putri dari Kodam XIII/Merdeka, Fendrika Novia Lapasiang dan di kelas J yang diperoleh atlet dari Kodam Jaya Jayakarta, Mandar Y, Soasaleh.

Sementara perolehan medali yang didapat dari kontingen Garuda (AD) sebanyak 16 medali dihasilkan oleh M.Septian Massa (kelas A), Alwi Elsanto (B), Wanda Ardiansyah (C), Tb. M.Rafiudin (D), Fajar Wibowo (F), Igi Rangga Barani (G), Wayan Ari Artha (H), Sulasin ALi Marisa (I), Allegrya Hatja Qalambe (B), Cindy Tri Widia (C), Regina Angraeni (D), dan Dina Indah Sari (F).

Baca juga :  Kejuaraan Pencak Silat Piala Kasad, KONI Kota Cimahi Mengapresiasi

Dalam hal ini juga, di pertandingkan Atlet Jabar, Gifari (Bandung) di final berhasil mengalahkan Riansyah Lubis (Sumut) di kelas E Putra dengan Point 38 : 19 yang membuat Jabar (Bandung) gegap gempita dengan kemenangan tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang diwakili, Kadisjasad, Brigjen TNI-AD, Aminudin S.I.P. kejuaraan terbuka Piala Kasad kali pertama dapat dijadikan salah satu tolak ukur untuk mengevaluasi kemampuan dan kekurangan yang ada sehingga menjadi bahan masukan untuk semakin meningkatkan kualitas pembinaan latihan pencak silat dilingkungan masyarakat, TNI, POLRI.

“Tujuanya agar kedepan menjadi lebih jelas dalam menghadapi event event Kejuaraan sejenis, saya minta kepada para atlet pencak silat agar tetap menyiapkan fisik dan mental, Sehingga mampu bersaing dan berprestasi dengan lebih baik lagi hingga ke kancah Internasiona, “katanya.

Pada saat yang sama Ketua Umum pengprov IPSI Jabar H.Phinera Widjaya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terkait atas terselenggaranya kejuaraan terbuka Piala kasad 1 2023 serta sangat mengapresiasi dengan kesiapan panitia pelaksana yang sangat tinggi, sehingga pelaksanaan berjalan aman, gembira, bahagia bagi para pemenang dan sukses.

Baca juga :  Cabor Pencak Silat Cimahi di Ajang Popda XIII Raih 1 Emas 1 Perak

“Kejuaraan Piala Kasad ke 2 untuk tahun depan insyaa Allah dapat digelar kembali dengan menampilkan atlet atlet yang juara di kelasnya, sehingga dapat meningkatkan kualitas atlet pencak silat yang lebih berkualitas,” ungkapnya.

Salah Saorang wasit/juri Internasional yang juga salah seorang inisiator pada piala kasad ke 1, Harry Wibisono menyatakan, kejuaraan pencak silat piala kasad kali pertama ini dikhususkan untuk Tim TNI Polri, namun karena antusias dan animo masayarakat umum , maka pencak silat tingka SD, SMP dan SMA tetap di ikut sertakan.

“Dalam kejuaraan in tetap intinya adalah mencari bibit bibit pencak silat yang berprestasi baik di masyarakat umum maupun di TNI –POLRI, “Kata Harry.
Sememtara perolehan medali tingkat Dewasa Umum ,Pelatda DKI Jakarta 1, mendapat 16 medali (6 emas, 7 perak, 3 perunggu) , Pelatda Kota Bandung 11 medali ( 6 emas, 5 perunggu) , Pelatda Kodam V Brawijaya 6 medali (2 emas 4 perunggu).

Untuk para juara ķe satu (1 ) di kelasnya di tingkat dewasa umum putra dan putri sebagai berikut : untuk putra dewasa juara pertama di Kelas A‐ Muhammad Rizki Adli (Pelatda DKI Jkt 1), Kelas B, Moh Bangkit Triwidjaya (Pelatda DKI Jkt1). Kelas C, Amirulloh Karim (Kontingen Kodam V/ BRW), kelas D, Aditya Eka Firmansyah (Persaudaraan Setia Hati- Ternate Pusat).

Baca juga :  Atlet Silat Binaa KONI Kota Cimahi, Ikuti Kejurda Antar Pelajar dan Mahasiwa Tingkat Jabar

Kelas E, Paksi Ghifari Nugraha (Pal Kota Bandung), Kelas F, Iqbal Anugerah (Kodam IX Udayana). Kelas G, M.Mizan Rachmatulloh Kodam IX Udayana). Kelas H, Rizky Maulana Andika (Pal Kota Bandung), Kelas I, Hilman Abdurahman (Pal Kota Bandung), dan Kelas J , Achmad Alif Muis (Pelatda DKI Jkt 1). Untuk putri dewasa putri kelas A, Fitri Amanda Ibrahim, (Pelaeda DKI Jkt 1), Kelas B, Melita Octavia Rahma (Pelatda DKI Jkt 1), Kelas C, Della Salsa Putri (Pal Kota Bandung), Kelas D, Delly Salsa Putri (Pal Kota Bandung). Kelas E ,Mutia Hartati (Pelatda DKI Jkt 1) dan Kelas F, Nur Ainuu TB, (Kodam XIV/ HSN). (Red)