Kejuaraan Pencak Silat Piala Kasad, KONI Kota Cimahi Mengapresiasi

CIMAHI – Sebanyak 1954 atlet pencak silat Seluruh Indonesia akan berebut untuk meraih gelar juara di kelasnya pada kejuaraan pencak Silat Piala Kasad kali pertama 2023. Kejuaraan Piala Kasad itu, dilaksanakan mulai Jumat (26/5/2023) hingga Minggu (28/5/2023), di GOR Indoor M.Toha Disjas TNI-AD Jln. H.M.S Mintaredja SH, No 80 Cimahi Jabar.

KONI Kota Cimahi dan Pemerintah Kota sangat mendukung dan mengapresiasi atas pelaksanaan kejuaraan pencak Silat Piala Kasad kali pertama ini, karena kejuaraan ini merupakan kejuaraan yang bersifat nasional yang diikuti dari berbagai daerah di Indonesia, sekaligus pencarian bibit atlet muda (usia dini) untuk siap diterjunkan pada even besar di 2030 baik yang bersifat event nasional maupun internasional.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. H. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang diwakili, Letjen Agus Subiyanto SE, M.Si, mengatakan tujuan penyelenggaraan kejuaraan ini, selain sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi olahraga pencak silat tentunya juga sebagai ajang pembinaan yang berkesinambungan.

“Maka itu, pihaknya berharap kejuaraan ini merupakan tolak ukur pembinaan olahraga pencak silat di tanah air,” ujarnya saat membuka kejuaran pencak silat piala Kasad, seluruh Indonesia.

Baca juga :  Dikejurda Pelajar Jabar II, Kontingen Pencak Silat Cimahi Raih Juara Umum

Kendati demikian pihaknya mengakui bahwa diharapkan hasil dari kejuaraan ini tidak lain selain menghasilkan juara sejati, namun lebih dari itu upaya untuk dapat mencetak bibit-bibit atlet potensial guna memberikan prestasi terbaik dalam kancah nasional bahkan internasional.

“Diharapkan bisa melahirkan atlet-atlet yang tangguh dan handal sehingga mampu berkiprah dengan lebih baik pada event yang lebih tinggi di tingkat internasional,” ujarnya.

Pada kesempatan yang baik ini juga, dirinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para panitia atas dedikasi dan kerja keras yang optimal dalam menyiapkan penyelenggaraan kejuaraan ini, jika ini sukses, tentunya menjadi catatan event besar untuk kesatuan TNI-AD.

Penanggung jawab kegiatan, Brigjen TNI Aminudin S.I.P, mengatakan, Kejuaraan Terbuka Pencak Silat yang diselenggarakan dalam rangka memperebutkan Piala Kasad kali pertama ini dilaksanakan dengan harapan tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Selain itu juga, sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air, Bangsa dan Negara dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas,” kata Aminudin.

Lebih lanjut dia menyatakan, kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Kasad kali pertama 2023, bertujuan untuk mendapatkan bibit-bibit berbakat Pesilat Nasional dengan melibatkan para Pesilat Se-Indonesia. Termasuk juga, sebagai wadah silaturahmi bagi para Pesilat seluruh nusantara.

Baca juga :  Tim Silat Pelatda Jabar menang telak kalahkan Tim pesilat Pesaka Malaysia 11 - 4

Sementara Ketua Harian PB IPSI Pusat Beni Gutawa Sumarsono yang mewakili Ketua PB IPSI Pusat, Letnan Jenderal TNI H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo kejuaraan Piala kasad kali pertama ini sebagai ajang mencari atlet atlet potensial juga sebagai wujud dan test kist untuk menunjukkan kualitas para atlet yang jujur, dan sportif.

“Dalam kejuaraan ini tidak ada kejadian protes ditengah lapangan, ada jalurnya untuk protes, sesuai aturan pada peraturan pertandingan regulasi PB IPSI 2022,” ungkap Beni.

Untuk itu, pihaknya berharap kejuaraan ini bisa memberikan yang terbaik dan membela tanah airnya di kancah internasional, oleh karena itu, hal ini menjadi bahan promosi dan sebagai langkah awal kedepannya dengan harapan bisa ditampilkan pada ajang internasional untuk eksebishi di Olimpiade.

Sementara Ketua Pelaksana Kolonel Inf.Dedi Ruswandi,S.Sos.M.M, menyatakan, Kejuaraan dibagi 2 katagori diantaranya Kategori Pemasalan (usia dini dan pra remaja). SD : 624 orang, SMP : 451 orang, jumlah seluruh peserta sebanyak : 1075 orang kemudian Kategori Prestasi. SMA/SMK sederajat : 331 orang, Dewasa umum = 317 orang, TNI :190 orang dan POLRI : 41 orang, Jumlah keseluruhan sebanyak 879 orang.

Baca juga :  Prestasi Pencak Silat terus Tingkatkan, KONI Dukung Penuh Paguron

“Alhamdulillah dari dukungan dengan rekapitulasi seluruh atlet Kategori Pemasalan (usia dini) : 1075 orang dan Kategori Prestasi : 879 orang sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 1954 orang peserta artinya ada peningkatan (115 %) dari target 1500 yang direncanakan,” ungkapnya. (Red)