Tim Silat Pelatda Jabar menang telak kalahkan Tim pesilat Pesaka Malaysia 11 – 4

CIMAHI – Tim Pelatda Pencak Silat Jawa Barat BK PON XXI Aceh dan Sumatera Utara 2024, kembali melakukan Uji Tanding dengan Tim Pesaka Malaysia yang dipersiapkan untuk Sea Games 2023 Kamboja, di Gor Tri Lomba Juang, Bandung, Kamis (6/4/2023).

Pesilat-pesilat Jawa Barat tampil menguasai dan memukau sekaligus membuktikan jati dirinya sebagai salah satu tim kandidat Juara Umum untuk mendominasi di perhelatan Multi Event PON XXI Aceh dan Sumatera Utara 2024 yang akan datang.

Hal ini di buktikan, dengan mengkandaskan tanpa ampun Tim Silat Pesaka Malaysia yang dipersiapkan khusus untuk Sea Games 2023 di Kamboja, dengan point kemenangan telak (11-4) dari 15 kelas yang di pertandingkan.

Mengawali pertandingan, atlet pesilat andalan putri Jabar Dely, asal kota Bandung di Sudut Biru (Blu Corner) yang turun di Kelas D Putri menang teknik atas Siti Shazwana binti Ajak di sudut merah (Red Corner) dengan score (20-0), dan pertandingan dihentikan karena atlet Malaysia mengalami cidera.

Selanjutnya, di partai ke-2 kelas D Putra Senior, Wanda atlet Jabar dari Kesatuan DISJAS TNI-AD, menang tipis atas atlet Malaysia M.Irfan Bin Marjuki dengan score (38-36), disusul dengan partai ke-3 Kelas E Putri, Salma Lusiana, juga menang tipis atas Nor Ainun Binti Mohktar dengan score (34-33). Total score pun (3-0) untuk atlet Jabar dari 3 kelas yang dipertandingkan.

Baca juga :  Kontingen Garuda AD Boyong juara Umum Pencak Silat Piala Kasad kali Pertama

Tidak mau kalah dari Pesilat Jabar, di partai ke 4 di Kelas F Putra, Partai ke 6 Kelas A Putri dan Partai ke 8 Kelas B Putri, pencak silat Pesaka Malaysia juga menang 3-0 atas pesilat Jawa Barat, score pun berimbang (3-3) dari 6 partai yang dipertandingkan.

Hal yang sama, tidak mau dipermalukan di hadapan suporter dan Ketua Umum IPSI Jabar, H. Phinera Wijaya yang hadir di pertandingan Uji Tanding tersebut, Pesilat- pesilat Jawa Barat tampil mendominasi dengan memenangkan semua partai – partai selanjutnya dengan menutup akhir score telak (11-4).

Namun ada sedikit disayangkan, partai yang sebenarnya ditunggu-tunggu penonton yakni partai final ke 15 di kelas D Putri andalan pesilat Jawa Barat Wewey Wita dan di kelas D Putra Hanifan Yudani, Juara Asian Games 2018 lalu, tidak bisa mainkan dikarenakan pesilat Pesaka Malaysia mengundurkan diri.

Menyikapi hasil pertandingan tersebut, Ketua Umum Pengprov IPSI Jawa Barat, H.Phinera Wijaya, S.E, mengatakan bahwa Dirinya mengapresiasi bahkan mengaku puas sekaligus bersyukur atas hasil yang diraih.

Baca juga :  Prestasi Pencak Silat terus Tingkatkan, KONI Dukung Penuh Paguron

“Ini luar biasa, meski yang dihadapi itu tim Pesaka Malaysia yang dipersiapkan khusus untuk Sea Games 2023. Akan tetapi pesilat Jabar mampu menghadapi tekanan- tekanan bahkan mampu menguasai pertandingan,” Kata kang Icak panggilan akrabnya , Kamis (06/04/2023).

Dikatakan bahwa dia menegaskan bahwa kemenangan yang diraih tidak terlepas dari proses panjang yang di persiapkan, “Semua perlu by process tidak ada yang instan, dan pesilat Jabar sudah melakukanya,” kata Kang Icak yang juga sebagai Ketua Komisi III DPRD Jawa Barat.

Kang Icak pun meminta untuk atlet Jabar agar tidak jumawa atau berpuas diri, karena menurutnya pertandingan resmi yang sebenarnya nanti adalah perebutan tiket di BK PON XXI 2023, yang rencananya akan digelar bulan Agustus mendatang di Jakarta.

Sementara itu, Presiden Majelis Senator Malaysia, Dato Sri Haerudin Abdul Somad, pihaknya mengaku sedikit kecewa atas hasil yang diraih pesilatnya.

Menurutnya, hasil pertandingan tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi tim Pesaka Malaysia sebelum bertanding Sea Games 2023 di Kamboja bulan Mei mendatang.

Baca juga :  Cabor Pencak Silat Cimahi di Ajang Popda XIII Raih 1 Emas 1 Perak

“Tentunya ini pembelajaran berharga buat kami Tim Pesaka Malaysia sebelum tanding resmi di Sea Games 2023 Kamboja. Segera kami evaluasi, dan kami ucapkan terima kasih pesilat Jawa Barat yang telah tampil baik sekali,” tegas Dato. (Red).