Atlet Cabor Hapkido Kota Cimahi Lolos Seleksi ke PON Aceh, Pemkot dan KONI Mengapresiasi

CIMAHI – Sebanyak 3 orang dari 6 atlet Hapkido, andalan Kota Cimahi yang tergabung dalam Porprov XIV Jabar 2022 kota Cimahi lolos tampil pada seleksi daerah (selekda) Pekan Olah Raga Nasional (PON) XXI 2024 Sumatra Utara (Sumut)- Aceh 2024.

Mereka adalah Made Dhamma Varo, Ilham Firizki, Rizky Aditya Rahmat (Cadangan), sudah banyak mendapatkan medali seperti di eksebisi PON 2020 mendapat medali 1 Perunggu, kemudian di Eksebisi Porprov XIV 2022 mendapat 2 medali emas, Kejuaraan Nasional V 2022 mendapat 1 medali emas dan 1 perak, Kejuaraan nasional open 2nd 2021 mendapat dua medali emas, dan untuk tingkat Asia TenggaraSouth East Asia Hapkido Union (Saehu) 2021 mendapat 1 medali emas dan Saehu 2022 mendapat 1perak.

Perlu diketahui juga bahwa Hapkido merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Korea di samping Taekwondo. Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik-teknik dalam Hapkido antara lain meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus, serta latihan senjata.

Seleksi Daerah ini diikuti oleh 8 daerah kota dan Kabupaten diantaranya KBB ,Cimahi, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kab.Bandung, Kota Bandung, Karawang dan Garut yang dilaksanakan di GOR Sasakawa Padjadjaran Bandung pada Minggu , (12/3/2023) .

Ketua Hapkido Kota Cimahi, Kemal Supriatna Yosep mengatakan bahwa ketentuan seleksi daerah dilaksanakan, sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Hapkindo Jabar agar bisa dilaksanakan dengan baik dan benar oleh seluruh atlet atlet peserta dari 8 Kota/Kabupaten di Jabar,” Kata Kema

Dikatakan bahwa ketentuan seleksi daerah (Selekda) di tahap ini akan di tindak lanjuti dengan tahapan terakhir yang akan dilaksanakan pada Minggu ke 4 pada Mei 2023 di Dojang Seiyu di Jalan Rumah Sakit, Alfamart Ujung Berung, Pakemitan, Cinambo, Pakemitan, Kec. Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat,” ungkap Kemal

Pihaknya berharap pada selekda Jabar terakhir untuk menghadapi PON XXI di Aceh dan Sumut ke 3 atlet Hapkido asal Kota Cimahi bisa lolos semuanya untuk memperkuat tim pelatda Jabar pada PON XXI Aceh dan Sumut 2024.” ungkap Kemal Supriatna Yosep

Pihaknya berharap seleksi atlet Pelatda PON XXI Aceh Sumut 2024 yang dilaksanakan sebelum Babak Kualifikasi Minggu ke 4 pada Mei 2023 bisa berjalan dengan baik dan aman serta sukses.

“Pada prinsipnya, kami berharap para atlet yang terpanggil dan lolos seleksi ini agar terus berlatih mematangkan dari berbagai aspek agar pada seleksi di Minggu ke empat Mei 2023 bisa lolos dan bisa memperkuat tim Hapkido Jabar pada PON XXI di Aceh dan Sumut. mudah mudahan dengan bisa lolosnya di tahap akhir ini maka mereka akan membawa nama Kotanya dan daerah Jawa Barat pada pelaksanaan PON XXI mendatang, Kami sangat bersyukur, mudah mudahan atlet atlet Hapkido terbaik dapat mengharumkan kota Cimahi pada khusus nya dan Jawa Barat pada umumnya. Kami mohon dukungan moril maupun materil serta do’a dari pemerintahan, KONI dan dari masyarkat kota Cimahi untuk kesuksesan atlet atlet yang akan membawa harum kota Cimahi. Jabar juara untuk Indonesia,” kata Kemal Supriatna. (Red)