Pemkot, Kadisjas dan KONI Cimahi Apresiasi, Ajang Pencarian Atlet Pencaksilat Berprestasi

CIMHI- Sebanyak 827 atlet pencak silat yang terdiri dari usia dini (320 pesilat), semi prestasi (300 pesilat) dan Prestasi (200 pesilat) dari berbagai paguron se kota Cimahi mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia ( IPSI) Cup Kota Cimahi 2023.

Kejuaraan tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua IPSI kota Cimahi, Rudiono di GOR Mohammad Toha Disjasad Jln : H.M.S Mintareja, Cimahi, Jumat (3/3/2023).

Kejuaraan pencak silat IPSI Kota Cup Kota Cimahi dimulai Jumat (3/3/2023) hingga Minggu ,(5 /3/2023) yang lalu dan disambut antusias para paguron IPSI kota Cimahi, karena hampir 2 tahun lebih tidak ada aktifitas dan kejuaraan ataupun event yang dilaksanakan karena covid 19.

Dihadapan Pj.Walikota yang mewakili, para official, pesilat, pelatih , wasit, Juri dan undangan yang hadir seperti Sesdisjasad, para Kasub disjas, para Kabag Disjas, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Kadisbudparpora), Ketua Umum KONI , Aris Permono diwakili ketua II, Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres), Rony M.Rizal serta panitia yang berperan dalam kejuaraan IPSI Cup Kota Cimahi serta tamu undangan yang hadir, Rudiono Ketua IPSI kota Cimahi mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Kejuaraan Pencak Silat IPSI Cup Kota Cimahi 2023.

Baca juga :  Disjas TNI AD Gelar Kejuaraan Taekwondo Championship 2022 Tingkat Jabar

Menurutnya, Kejuaraan ini adalah progres yang bagus di awal kepengurusan yang baru terbentuk beberapa waktu yang lalu pada periode 2022- 2026.
Pihaknya akan menjadikan kejuaraan Pencak IPSI Cup Kota Cimahi menjadi kalender rutin program IPSI kota Cimahi, sebagai regenerasi pesilat menuju kejuaraan yang lebih tinggi baik daerah, nasional maupun internasional.

“Melalui kejuaraan IPSI Cup Kota Cimahi ini bertujuan Untuk menjaring bibit bibit pesilat baru serta mengembangkan potensi para Atlet Pelajar yang ada di kota cimahi khususnya serta persiapan untuk menghadapi berbagai multi event yang di selenggarakan oleh IPSI jabar di antaranya kejurda pelajar di bulan Mei dan Popda pelajar di bulan juni,” tegas Rudi

” Insyaa Allah, Kejuaraan ini akan dijadikan kalender rutin IPSI kota Cimahi tiap tahun, karena, dirinya yakin dari sinilah lahir pesilat pesilat potensial yang akan menjadi atlet Pelatda baik pelatda Porprov, maupun pelatda PON yang akan datang ” ungkap Rudi panggilan akrabnya.

Hal yang sama dikatakan Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat ( Kadisjasad) selaku tuan rumah , Brigadir Jendral (Brigjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI), Aminudin, S.I.P. bahwa Kejuaraan Pencak Silat IPSI Cup Kota Cimahi, bahwa pada kejuaraan ini merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan generasi bangsa yang tangguh serta sekaligus merupakan wadah untuk menjalin silaturahi sesama pesilat serta ajang saling berbagi pengalaman dalam melakukan pembinaan olahraga pencak silat di daerahnya masing masing,” Kata Aminudin.

Baca juga :  Ketum KONI Jabar : Kejurnas Menembak Jabar Open 2023, Persiapan Olympiade

“Saya berharap dari kejuaraan ini mutlak perlu dilakukan oleh IPSI di wilayah masing masing, yaitu sebagai sarana peningkatan kualitas sekaligus untuk mencari atlet atlet terbaik dan muncul atlet juara baru, sehingga regenerasi atlet tetap terjaga dan dapat mengikuti event event di tingkat Nasional maupun Intetnasional,” Kata Aam panggilan akrabnya.

Salah seorang atlet usia dini , Farida Nurul husna, pesilat kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Amal Hegarmanah yang mendapat medali mengatakan bahwa dirinya bangga bisa mendapatkan medali kejuaraan tersebut, bahkan dirinya sudah 5 kali mendapatkan
5 medali dari kejuaraan lainya yang pernah diikutinya.

“Maka itu, dirinya kedepan akan giat lagi dalam berlatih untuk bisa meraih prestasi yang akan digelar pada kejuaraan atau event yang akan digelar mendatang, ” ungkapnya

Pada kejuaraan Pencak Silat IPSI Kota Cimahi hari pertama sudah mempertandingkan 104 terdiri dari kelompok Fre teen, sebanyak 52 pesilat dan 50 Pre Junior dan 2 pesilat junior. hari ini Sabtu (4/3/2023) digelar kembali kejuaraan Pencak Silat IPSI Cup Kota Cimahi ditempat yang sama.(Red)