Rapat Pertama Pengurus KONI Cimahi Tahun 2023 Digelar

CIMAHI – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi, menggelar Rapat pleno pengurus untuk melakukan pelaporan keuangan tahun anggaran 2022. Rapat itu juga, ditekankan laporan pada kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XIV Jabar tahun 2022. Rapat, berlangsung di Sekretariat KONI Kota Cimahi, Rabu (1/2/2023).

Ketua KONI Kota Cimahi, H. Aris Permono ketika memimpin rapat mengatakan, sebagaimana hasil rapat sebelumnya dengan pihak audit Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, untuk segera menyelesaiak pelaporan keuangan tahun anggaran 2022. Kemudian, selanjutnya untuk membuat pengajuan program kegiatan KONI tahun 2023 dan di ajukan ke Pemkot Cimahi.

Hasil kami berbicara dengan Pj. Walikota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan, bahwwa KONI Kota Cimahi untuk anggaran tahun 2023 mendapat Rp. 4 Miliar. Namun saya berdiskusi lagi, waktu jaman Covid-19 aja KONI dapat anggaran lebih dari itu, masa sekarang hanya Rp. 4 miliar. Namun, Pj. juga menenkan tambahannya bisa di usulkan di Anggaran Biaya Tambahan (ABT),” ujarnya.

Dikakan Aris, untuk itu kepada semua Wakil Ketua KONI agar membuat kegiatan yang dibutuhkan untuk pengajuan anggaran ke Pemkot Cimahi. Kemudian, setelah pengajaun di anggaran murni tahun 2023, kepada para Wakil dan jajaran KONI diminta untuk mempersiapkan pembahasan ABT dan sekalian disiapkan dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Baca juga :  Magang di Sekretariat KONI, Diharapkan Hasilkan SDM Berkualitas

Begitu juga, Pj. Walikota menyarankan untuk memberikan bonus kepada para atlet berprestasi yang mendapatkan mendali, pihaknya diminta untuk segera menghubungi Kepala Dinas pemuda dan olahraga (Dispora) Cimahi. Kepada para jajaran KONI, diminta segera menyiapkan adinistrasi para atlet yang mendapat medali.

Sementara tim Auditor Internal Drs. Irwan Widiawan,MM, menyatakan, pelaporan anggaran dari semua Wakil Ketua secara umum sudah selesai. Meski dirinya menemukan catatan – catatan bukti pelaporan yang kurang lengkap. Maka itu, pihaknya meminta catatan- catan tersebut untuk segera di lengkapi agar pelaporan keuangan bisa selesai semunya.

Ketua tim Auditor Intrernal Drs. H Muhammad Yani,.M.si dalam kesempatan yang sama menyatakan, kalau pihaknya menyimak dalam pelaporan ini ada yang ketidak patuh terhadap jadwal pelaporan. Sehingga, tak heran pelaporan keuangan baik dari pengrus dan para Cabang olahraga (Cabor) terjadi keterlambatan.

“Kalau kekuranagan masalah adiministrasi mari kita perbaiki bersama. Namun contohnya, ada pengurus Cabor untuk memberi vitamin kepada atlet dikasih rokok. Ini adalah contoh yang kurang baik. Maka saya minta kedepan, contoh yang tidak baik ini jangan sampai terungkembali,” pungkasnya. (Red)