166 Atlet Tarung Derajat dari 25 Pengcab, Berlaga di PORPROV XIV Jabar

BEKASI – Cabang olahraga (Cabor) Tarung Derajat, para atletnya sebanyak 166 orang dari 25 Pengurus Cabang (Pencab) Kabupaten/Kota sebelum di pertandingkan pada event Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XIV Jabar 2022, dilakukan serimonial pembukaan oleh Ketua umum atau sang mahaguru AA Boxer, di Gor Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kabupaten Bekasi,Minggu (13/11/2022).

Pembukaan, bertujuan untuk memberikan pengarahan dan motifasi kepada para atlet untuk bertarung secara sportifitas dan kepada wasit, juri dan seluruh jajaran panitia untuk melaksanakan tugasnya secara benar, baik dan jujur.

Hadir dalam kegiatan itu, Sekda Kabupaten Bekasi H. Asep Nuroni, Forkompimda Subang, Ketua umum Tarung Derajat Kota Cimahi Budi Raharja, Wakil Ketua II KONI Kota Cimahi H Rony Muhamad Rizal, Wakil Ketua III Ricard Nikolas Aplugi dan sejumlah undangan lainnya.

Sekda Kabupaten Subang mengatakan, Kabupaten Subang selaku panitia daerah yang di tunjuk oleh Provinsi Jawa Barat dan bekerja sama dengan STTD yang telah memberikan tempat pertandingan pihaknya mengucapkan banyak terimakasih.

Baca juga :  Ketum KODRAT Jabar, Lantik Ketua dan Pengurus Pengcab KODRAT Cimahi

“Digelarnya Cabor Tarung Derajat,dalam ajang PORPROV XIV ini, merupakan kegiatan atau pundi -pundi mencari bibit atlet untuk bisa berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) kedepan.Persiapan ke arah itu,harus dari sekarang agar di PON yang akan datang Jawa Barat kenbali menjadi juara umum,” ujarnya.

Untuk itu para petarung diminta untuk bermain secara profesional. Otot boleh panas, tetapi otak tetap tenang, itulah Tarung Derajat. Diharapkan, dalam event PORPROV XIV ini menjadi yang terbaik sebagaimana moto Jawa Barat,yaitu Jabar juara untuk juara Indonesia.

Sang Mahaguru AA Boxer, dalam sambutannya mengucapkan alhamdulilah karena perhelatan tarung derajat di PORPROV XIV Jabar, bisa digelar dengan baik dan di tempat yang cukup presentattif di STTPD Kabupatan Bekasi. Dalam perhelatan ini juga,sebagaimana yang disampaikan pantia daerah memakai uang APBD Provinsi Jawa Barat.

“Maka itu, saya minta laksanakan kegiatan PORPROV XIV ini dengan baik. Jangan mengada- ngada, atau yang tidak ada di adakan. Sebaliknya yang ada di hilangkan. Maka itu,karena penyelenggaraan memakai APBD, kita harus penuh dengan tanggung jawab,” tegasnya.

Baca juga :  Cabor Tarung Derajat Kota Cimahi di Ajang POPDA XIII Jabar 2023 Raih 3 Medali Perunggu

Sementara itu, dalam perhelatan PORPROV XIV jabar ini, jumlah atlet yang akan bertanding meliputi petarung putra 78 orang, petarung putri 40 orag dan seni gerak 48 orang atlet dan akan memperebutkan 19 emas, 19 perak dan 34 perunggu.

Adapun nomor atau kelas pertandingan untuk seni gerak, rangkaian gerak putri 12 orang di ikuti 4 Pengcab, gerak tarung putra 8 orang di ikuti 4 Pengcab, gerak bertahan dan menyerang sebanyka 12 orang atlet di ikuti 4 Pengcab, gerak tarung campuran 8 orang atlet putra dan 8 putri di ikuti 4 Pengcab.

Untuk tarung putra, ada 10 kelas, meliputi kelas 49,1-52 Kg, kelas 52,1 – 55 Kg, kelas 55,1- 58 Kg, kelas 58,1-61 Kg, kelas 61,1-64 Kg, kelas 64,1- 70 Kg, kelas 67,1-70 Kg, kelas 70,1-75 Kg, kelas 75,1-80 Kg, kelas 80,1 Kg.
Kemudian untuk tarung putri, sebanyak 5 kelas, meliputi kelas 45,1- 50 Kg, kelas 50,1 -54 Kg, kelas 54,1-58 Kg, kelas 58,1- 62 Kg dan kelas 62,1 – 66 Kg. (Red)